Solo Staycation: 5 Tips Liburan Sendiri dengan Aman dan Nyaman

5 tips solo staycation agar liburan sendiri jadi lebih aman dan menyenangkan. Source: Freepik.com/freepik

Buat kalian yang introvert, solo staycation pasti jadi impian kalian untuk healing dari padatnya kegiatan dan burn-out.

Hal ini karena seseorang yang berkepribadian introvert lebih suka mengisi energinya ketika sendirian. Jadi, liburan sendiri dan menepi di suatu tempat bisa jadi opsi liburan pilihan.

Solo staycation barangkali tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang masih single, tapi juga bisa untuk yang sudah menikah, lho. Dengan syarat, pasangan sudah menyetujui dan mau memberikan waktu untuk kalian staycation sendiri.

Hmm...untuk bepergian sendiri memang butuh investasi mental yang banyak, terutama bagi yang belum pernah berpengalaman. Namun jika kalian mulai tertarik untuk melakukan solo staycation, mungkin kalian bisa ikuti 7 tips ini.

 1. Buat Jadwal "Me Time" yang Berkualitas

Kalau biasanya jalan-jalan dengan keluarga harus terencana, maka kali ini, buatlah rencana untuk diri kalian sendiri. Tentukan waktu khusus untuk diri sendiri. Gunakan momen ini untuk merenung, merencanakan tujuan, atau hanya menikmati ketenangan tanpa gangguan.

Dengan merencanakan waktu untuk diri sendiri, kita jadi lebih memahami dan mampu buat mengendalikan diri sendiri, lho. Kita jadi bisa mengukur dengan tepat kebutuhan, keinginan dan minat kita.

2. Siapkan Alat-alat Keamanan

Liburan sendirian memang cukup rentan dari gangguan keamanan. Sudah banyak terjadi, kan. Pencurian barang berharga, penculikan, hipnotis, dan sebagainya. Namun, jika kalian ingin solo staycation, mau enggak mau harus bisa menjamin keamanan diri sendiri.

Untuk proteksi diri, beli barang-barang atau alat-alat yang bisa digunakan untuk self-defense. Seperti botol kecil isi bubuk cabe, alarm darurat, dan alat-alat perlindungan diri kalian. Tidak perlu membawa pistol atau senapan, kok (hehehe). Kalian sendiri yang bisa mengetahui sejauh mana kemampuan kalian melindungi diri. Yang penting, tetap pastikan staycation kalian aman dan lancar.

3. Eksplorasi Tempat-tempat Baru

Dari definisinya, istilah staycation memang untuk liburan yang tidak mengharuskan kalian bepergian atau beraktivitas di luar ruangan. Cukup nikmati momen ketenangan di dalam ruangan, itulah yang dimaksud dengan staycation. Namun tentu saja untuk jangka waktu yang lama, berdiam diri di dalam ruangan saja terasa membosankan.

Kalau kalian bosan di dalam ruangan saja, beranikan diri kalian untuk pergi ke tempat-tempat di sekitar penginapan. Ke kafe, wisata-wisata sejarah, wisata alam, dan lainnya yang merupakan titik wisata terkenal di daerah kalian liburan. Sesekali berkomunikasi dengan orang-orang sekitar, seperti dengan driver ojol, barista atau kasir kafe, karyawan tempat wisata, sampai masyarakat lokal. 

4. Lakukan Hobi Kalian dan Coba Hal-hal Baru

Solo staycation pastinya waktu yang tepat untuk kalian bebas mengeksplorasi diri kalian sendiri. Hanya diri kalian sendiri yang ada di dalam ruangan, dengan kendali dan pemutusan segala hal sepenuhnya oleh kalian sendiri.

Maka dari itu, senangkanlah diri kalian. Lakukan hobi-hobi yang sudah lama tidak kalian lakukan. Baca buku, menonton film, menulis, dan hobi lain yang mungkin sulit untuk kalian lakukan ketika ada pekerjaan. 

Mungkin kalian bisa mencoba hal-hal baru yang bisa dilakukan sendiri. Seperti membuat DIY, journaling, atau belajar hal-hal baru melalui e-learning. 

5. Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Meskipun kalian sedang liburan sendirian, tidak berarti kalian harus mengisolasi diri dari komunikasi. Tetap telepon orang tua, keluarga atau teman kalian. Pastikan ada seseorang yang mengetahui kabar kalian, kondisi keamanan kalian sewaktu liburan.

Sempatkan waktu untuk mengobrol via telepon dengan mereka. Karena liburan sendiri tidak serta merta mendengarkan ego sendiri saja, tetapi bermediasi dengan diri sendiri melalui banyak aspek. Mengobrol dengan orang lain termasuk salah satunya.


Ingat, solo staycation bukan untuk menyendiri dan mengisolasi dari dunia, tetapi untuk lebih mengenal diri sendiri untuk membangun perspektifmu sendiri dalam memandang hidup. Maka dari itu, persiapkan sebaik-baiknya, lakukan sepenuhnya untuk diri kalian sendiri. Jadikan momen liburan sendirian menjadi momen kalian untuk feeling content, merasa penuh, cukup dan puas dengan diri kalian sendiri. Selamat menikmati liburan, dan selamat merayakan diri sendiri!***

Komentar

Postingan Populer