7 Rutinitas Pagi yang Produktif dan Menyehatkan

Lakukan 7 rutinitas pagi ini agar harimu lebih produktif dan tubuhmu menjadi lebih sehat. Source: Freepik.com/lifeforstock

Rutinitas kehidupan yang berulang kali kita lakukan pasti terasa membosankan. Namun semua itu mungkin akan sedikit lebih menyenangkan, jika kita mulai hari-hari kita dengan rutinitas pagi yang baik.

Jika kita bisa memulai beberapa jam saja dari pagi hari dengan kegiatan produktif dan menyehatkan, insya Allah kegiatan-kegiatan berikutnya dalam satu hari akan terasa stabil.

Memulai rutinitas pagi dengan baik juga berpengaruh pada kesehatan mental kita. Kita tak akan mengalami mental stuck, creativity block atau merasa 'hidup tapi mati', karena kita memulai pagi dengan hal-hal baik.

7 Rutinitas Pagi yang Bisa Meningkatkan Produktivitas

Menjaga rutinitas pagi yang baik juga dapat membantumu meningkatkan kesehatan dan produktivitas secara keseluruhan. Berikut ini adalah 7 rutinitas pagi yang dapat membantumu memulai hari dengan baik:

1. Bangun Tepat Waktu

Membangun kebiasaan untuk bangun tepat waktu adalah kunci untuk memulai hari dengan baik. Tetapkan jam bangun tidurmu. Bangun pada jam yang sudah kamu tetapkan secara konsisten setiap hari. Mungkin bisa kamu coba konsisten selama 2 minggu pertama. 

Jika kamu bisa menjaga kebiasaan bangun pagi ini, insya Allah kamu akan bangun pagi tepat waktu lebih mudah dan lebih terbiasa dari sebelumnya.

2. Doa Setelah Bangun Tidur

Bentuk doa bangun tidur bisa dalam bentuk apa saja, kok. Bisa dalam bentuk ungkapan syukur karena masih diberikan kesempatan untuk hidup pagi ini, bisa dalam bentuk permohonan agar dilimpahkan kebaikan dan keberkahan dalam menjalani hari ini. Berdoa ini untuk menciptakan kebiasaan bangun pagi yang mindful. Bangun pagi yang enggak sekadar untuk rutinitas, tapi dengan kesadaran kalau kita masih 'dikasih' bangun pagi untuk suatu tujuan yang niscaya. Beehh wkwk.

Buat yang Muslim, pasti tidak asing lagi kan, dengan doa setelah bangun tidur

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan hanya kepada-Nya tempat kembali." (HR. Bukhari)

3. Minum Air Putih

Siapa yang kalau bangun tidur sering kehausan atau dehidrasi? Wajar, sih. Hal ini karena dalam beberapa jam semalaman, tubuh kita hanya bernapas dan terlelap. Tidak ada asupan makanan atau minuman, terutama minuman yang merupapan supplier cairan tubuh. 

Jadi pastikan setelah bangun tidur, minum segelas air putih. Hal ini untuk mencegah dehidrasi berlebihan atau penyakit lainnya. Minum air putih setelah bangun tidur juga bisa membersihkan sistem pencernaan, lho.

4. Meditasi atau Yoga

Meditasi atau yoga di pagi hari sangat direkomendasikan untuk memulai pagi hari. Duduk dengan tenang, buat tubuhmu rileks dan tenang, kosongkan pikiran, tarik napas perlahan beberapa kali. Gunakan teknik 3-3-4 (3 detik mengambil napas, 3 detik menahan napas, dan 4 detik menghembuskannya). Kalau perlu, dengarkan suara-suara yang menenangkan untuk mengendalikan pikiran dan jiwamu.

Kalau dalam Islam, shalat Subuh itu mengalirkan energy flow yang sama dengan meditasi atau yoga. Jadi, khusus Muslim, shalat subuh disertai dengan beberapa zikir dan baca Al-Qur`an, sepertinya sudah sangat cukup untuk memulai pagi dengan baik dan produktif. 

5. Sarapan Sehat

Ini yang sebenarnya tidak boleh kita tinggalkan meskipun sedang diet: sarapan. Dalam keadaan diet pun harus tetap sarapan. Karena untuk memulai hari, kita butuh bekal energi yang cukup. Dan ya, mending sarapan, daripada menumpuk harapan *eh (:v)

Pilih makanan yang seimbang dan kaya nutrisi seperti telur, oatmeal, buah-buahan, atau smoothie yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Kalau memang tidak suka makanan berat pagi-pagi, nasi misalnya, bisa ganti dengan bentuk karbohidrat yang lain, seperti kentang atau ubi hangat. Yang penting perut tetap ada isinya di pagi hari.

6. Olahraga Ringan

Kalau misalnya meditasi atau yoga terlalu membosankan (atau bukan kegiatan yang 'tipemu' banget), lakukan olahraga ringan setiap pagi. Luangkan waktu sekitar 15-30 menit saja. Olahraga ringan ini bisa dengan jogging, atau body exercise yang tidak terlalu ekstrim. 

Hal ini untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk menghadapi hal-hal yang lebih banyak sepanjang hari. Jadi, ibaratnya, tubuhmu tidak kaget ketika berkegiatan hari ini, karena telah 'dilatih' dengan baik di pagi hari.

7. Tetapkan Tujuan Harian

Selesai melakukan semua kegiatan di atas, sebelum berangkat sekolah/kuliah/kerja, catat dulu rencana-rencana kegiatan hari ini. Tetapkan tujuan apa yang ingin kamu raih. Tentukan juga skala prioritas, mana yang penting harus dilakukan, mana yang sekiranya tidak bisa kamu lakukan hari ini, kamu tidak kecewa-kecewa amat.

Merencanakan kegiatan dan tujuan-tujuan seperti ini sangat membantumu agar tetap fokus dan termotivasi sepanjang hari. 


Untuk meningkatkan produktivitas dan ketenangan hidup, enggak perlu melakukan perubahan yang masif, kok. Cukup lakukan kebiasaan-kebiasaan kecil, terutama di pagi hari, secara konsisten dan mindful. Dengan mengikuti rutinitas pagi yang sehat dan produktif ini, kamu dapat memulai hari dengan baik dan meningkatkan kesejahteraan hidup secara keseluruhan. Mulailah harimu dengan langkah-langkah kecil ini, dan lihatlah bagaimana itu dapat membuat perbedaan dalam kehidupanmu.***

Komentar

Postingan Populer